Tidak Menilai Terlalu Cepat


Tidak Menilai Terlalu Cepat
Tommy yang berumur 4 tahun agak tuli dan tidak berprestasi di sekolahnya. Suatu saat ia pulang ke rumah dengan membawa secarik kertas surat dari sekolah. Ibunya membaca kertas itu dan terhenyak. Ternyata surat tersebut berisi peringatan bahwa Tommy sangat bodoh dan meminta sang ibu untuk mengeluarkannya dari sekolah. Meski terkejut, sang ibu tetap tenang dan memiliki keyakinan teguh bahwa sang anak sebenarnya bukanlah anak bodoh.
Sang ibu kemudian mendidik dan mengajar anaknya sehingga Tommy kecil tumbuh menjadi seorang penemu terbesar di dunia. Meski hanya bersekolah selama 3 bulan dan secara fisik memiliki kekurangan pendengaran, kekurangannya ternyata tidak menjadi penghalang baginya untuk terus maju. Orang memang tidak mengenal siapa Nancy Mattews Edison. Namun, bila mendengar nama Edison, kita pasti langsung teringat pada penemu paling berpengaruh dalam sejarah umat manusia—Thomas A. Edison yang menjadi seorang penemu dengan 1.093 hak paten penemuan atas namanya. Siapa yang menyangka bahwa bocah tuli yang bodoh dan nyaris dikeluarkan dari sekolah, akhirnya bisa menjadi seorang penemu terbesar abad ini? Keyakinan sang ibulah penyebabnya! Nancy Mattews Edison tidak pernah percaya dan menyerah begitu saja dengan pendapat pihak sekolah terhadap anaknya. Ia tidak menilai anaknya terlalu cepat, tetapi memutuskan untuk berbuat sesuatu dengan menjadi guru privat bagi anaknya sendiri. Nancy berhasil memulihkan kepercayaan diri Tommy (nama kecil Thomas A. Edison) dan sejarah mencatat ia menjadi ibu penemu yang hebat pada zaman ini.
”Jika Anda tidak bisa menemukan jawabannya, tanyakan kepada orang lain. Jika orang lain tidak tahu, tanyakan kepada guru. Jika guru tidak tahu, tanyakan kepada dosen. Jika dosen tidak tahu, tanyakan kepada profesor. Jika profesor juga tidak tahu, kita sendirilah yang harus menemukan dan menciptakan jawabannya karena Tuhan punya maksud dan tujuan menciptakan kita.”
~ Nancy Mattews Edison

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s