KUASA IMPIAN


Setiap kita memliki mimpi di dalam hati kita, sekecil apapun itu ada sebuah hasrat, hasrat inilah yang akan mendorong kita dalam perjalanan sukses. Hasrat ini dapat bertumbuh dari minat yang begitu dalam. Minat akan mesin mendorong Henry Ford menjadi perusahaan industri mobil terbesar di Amerika, bahkan salah satu terbesar di dunia. Minat yang besar pada dunia aeronautika telah membawa pengusaha kayu William Boeing menjadi pendiri industry pesawat terbesar di dunia. Hubert H. Humphrey menulis surat ke istrinya setelah perjalanannya ke Washington D.C. Ketika itu ia berusia 24 tahun, ia menulis, “Aku bisa melihat bagaimana suatu hari nanti kita akan tinggal disini dan mungkin bisa bekerja di pemerintahan, politik dan pelayanan masyarakat, kalau kita fokus dan bertekun mengupayakan hal-hal yang lebih besar ….Astaga mudah-mudahan impianku menjadi kenyataan,” Dan yang luar biasa impian ini menjadi kenyataan, pada tahun 1947 ia menjadi walikota Minneapolis, pada tahun 1949 ia terpilih menjadi senat di Amerika Serikat, dan pada tahun 1964 ia menjadi wakil presiden Amerika Serikat dibawah Lyndon B. Johnson. Hasrat menjadikan Rudy Hartono juara All England delapan kali. Hasrat juga yang membuat W Clement Stone muda bertahan di sudut jalan Chicago berjualan Koran. Hasrat itu yang menjadikan ia salah satu orang terkaya di Amerika.
Berikut ini ada beberapa tips dalam mengembangkan impian yang akan membawa kita pada kesuksesan;
1. Yakinlah dengan kemampuan yang kita miliki untuk sukses. Inilah langkah awal, kita tidak perlu menjadi jenius, mujur atau kaya. Karena Tuhan akan mulai dari apa yang sekarang kita miliki, dan percayalah bahwa apa yang kita miliki itu lebih dari cukup untuk mencapai sukses.
2. Singkirkan kesombongan kita. Kesombongan adalah pintu penutup utama untuk membuat kita maju dan belajar. Sebab kesombongan membawa kita menjadi orang yang malu untuk bertanya dan berkembang. Kesombongan akan membuat kita berfokus pada harga diri dari pada mengembangkan diri. Kesombongan hanya berfokus pada penampilan bukan potensi.
3. Kembangkan rasa ketidakpuasan yang membangun. Ketidakpuasan adalah pendorong untuk kita keluar dari zona kenyamanan kita. 100 persen penemuan di dunia terjadi, dimulai dari ketidakpuasan penemunya. Ketidakpuasan akan membawa kita menemukan tujuan kita dan bertumbuh untuk mencapai potensi.
4. Singkirkan kebiasaan, kebiasaan adalah sesuatu yang biasa kita lakukan, tandanya adalah jika kita melakukannya maka kita melakukannya tanpa mikir. Kebiasaan akan mematikan impian karena jika kita melakukannya tanpa mikir maka kita tidak pernah dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang kita hadapi. Jangan berpuas dengan segala yang kita lakukan di luar kepala karena itu telah menjadi kebiasaan dan menghentikan setiap pertanyaan dalam diri kita.
5. Mengembangkan kreatifitas.
Sesuatu yang menyedihkan bagi kebanyakan orang ketika Disney World dibuka di Florida pada tahun 1971 adalah Walt telah meninggal pada tahun 1966. Saat peresmian, istrinya diminta untuk berbicara, setelah memperkenalkan diri kepada undangan, pembawa acara bertanya kepadanya, ”Nyonya Disney, seandainya saja Walt hadir dan melihat hal ini.” Nyonya Walt berdiri dan maju ke podium lalu berkata, ”Dia (Walt) telah melihatnya.” Dan saya yakin bahwa Walt telah melihat apa yang telah dibuat di Florida. Untuk mengetahui mimpi apa yang kita sedang alami, caranya mudah yaitu dengan bertanya pada diri kita sendiri. ”Apa yang kita baca, apa yang kita tonton di televisi, berita-berita apa yang menarik perhatian kita, informasi statistik apa yang membuat hati kita bergetar. Pertanyaan kedua, siapa yang menjadi panutan kita dimana kita dengar dan kita baca bukunya, dan yang ketiga, perasan apa yang timbul ketika anda mendengar khotbah dan membaca buku agama.
Bill Clinton, mantan presiden Amerika Serikat, pada usia 18 tahun, bertemu dengan Presiden Jhon F. Kennedy di Gedung Putih dan kemudian ia mempunyai impian untuk menjadi salah seorang presiden sehandal Jhon F. Kennedy, beberapa tahun kemudian ia membuktikan impiannya.
Steven Spielberg, sutradara terkenal dunia, memulai mimpinya ketika ia berusia 10 tahun. Ia memimpikan bahwa pada suatu hari ia akan menjadi sutradara terkenal. Ibunya mengetahui itu, dan kemudian membelinya sebuah video kamera, Dan sekarang kita bahwa Spielberg telah menghasilkan banyak film box office dunia, diantaranya ET, Jurrasic Park, dan seriel petualangan Indiana John yang terkenal.
Siapa lagi, saya akan kekurangan tempat untuk menyebutkan orang yang sukses memulai semuanya dari mimpi. Sejarah manusia membuktikan bahwa impian itu adalah dasar kemajuan dan pembangunan dunia. Tanpa itu maka kita bagaikan burung tanpa sayap. Napoleon Hill berkata, ”Peliharalah wawasan dan impian kita seakan-akan itu adalah anak jiwa kita, rancangkan untuk mencapai impian kita.” Impian harus disertai ambisi dan tekad yang kuat barulah dapat diwujudkan. Ambisi adalah gabungan dari kekuatan kepercayaan, keyakinan, keberanian dan ketabahan.
”Siapakah orang termiskin didunia?” Jawabannya adalah orang yang tidak memiliki mimpi dan orang yang paling frustasi di dunia adalah orang yang mimpinya tidak pernah terwujud. Mimpi adalah naluri manusia, bahkan sejak anak-anak kita sudah bermimpi. Mimpi telah ditanamkan oleh Tuhan sejak kita bayi, tidak peduli apakah kita miskin atau kaya, setiap kita pasti punya mimpi.
Janga pernah salah dalam menceritakan mimpimu kepada orang lain. Ingatlah bahwa orang lain tidak melihat apa yang kita lihat. Mereka tidak mengerti sepenuhnya mimpi atau visi yang Tuhan berikan kepada kita. Lindungilah mimpi kita dengan tidak sembarangan menceritakannya kepada orang lain. Pilihlah orang-orang atau lingkungan yang baik bagi mimpi kita. Untuk memaksimal mimpi atau visi kita, maka dibutuhkan lingkungan dengan sumber daya yang mempengaruhi secara positip. Selalu saja ada orang yang ingin menghancurkan diri kita. Mereka mengkritik, mencemooh, dan menjadi marah kepada kita. Biarkana saja, karena kita tidak bertanggung jawab atas tindakan-tindakan mereka. Kita hanya bertanggung jawab terhadap diri dan mimpi kita. Bagikan mimpi kita jika itu merupakan sebuah keharusan dan sekali lagi pilihlah dengan hati-hati dengan siapa kita membagikannya. Lakukanlah mulai dari hal kecil dan bertahanlah pada jalur dimana rasanya perjalanan itu menjadi sulit dan tetaplah berkomitmen terhadap tujuan atau mimpi kita.

Advertisements

One thought on “KUASA IMPIAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s