Takut Untuk Memulai



Setiap orang mempunyai ketakutan untuk memulai hal yang baru. Sebenarnya ketakutan ini bukanlah sebuah peringatan untuk berhenti, namun sebuah pesan untuk bertindak hati-hati. Kita takut memulai sesuatu yang baru? Jangan khawatir, semua orang mengalaminya. Siapapun pasti pernah mengalami hal ini, tetapi mereka menjadi lupa bahwa ketakutan itu pernah ada. Jadi berdamailah dengan rasa takut kita, katakan bahwa kita memang takut namun tetap akan memulai hal baru tersebut. Katakan terimakasih kepada perasaan takut, karena pada dasarnya perasaan takut hanyalah untuk melindungi kita dari hal-hal yang membuat diri kita tidak nyaman.
Untuk mengenali perasaan takut, kapan ia datang? Rasa takut itu menyerang kita di saat kita melakukan segala sesuatu yang pertama kali. Bagaimana rasanya pertama kali belajar motor/mobil atau pertama kali menjadi manager. Berbagai informasi yang menyeramkan masuk ke dalam otak kita. Sebagai contoh disaat kita belajar menyetir mobil pertama kali, ada perasaan gugup, takut, tegang dan hati-hati. PAndangan kita hanya tertuju ke depan, tangan dan kaki menjadi kaku, dan tidak banyak bicara. Mengapa hal ini terjadi? Jawabannya karena kita belum biasa. Tetapi semakin sering kita melakukannya maka ketakutan itu menyingkir dan kita mulai menikmatinya. Semakin mahir kita menyetir maka ketakutan akan berganti dengan rasa santai dimana kita dapat melakukannya sambil ngobrol bahkan sambil nelpon atau sms. Demikian juga dalam seluruh aspek kehidupan kita. Ketakutan hanya dapat dikalahkan dengan mencoba dan mencoba lagi. Dengan melawan ketakutan maka kita mampu menikmati kehidupan ini.
Cara kedua mengalahkan rasa takut adalah dengan menganggap apa yang menjadi tujuan lebih penting dari rasa takut itu sendiri. Jika apa yang diinginkan atau tujuannya lebih besar dari rasa takut itu maka ketakutan itu pergi. Mengapa ada seorang ibu begitu berani bergulat dengan seekor beruang yang menerkam anaknya. Mampu mengalahkan api yang mengepung bayinya? Rasa cinta pada anak mengalahkan ketakutannya. Seringkali juga ketergesaan (urgent and important) akan mengalahkan ketakutan kita. Ketergesaan untuk hadir dalam rapat yang penting membawa kita berani mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi bahkan terkadang berani melanggar peraturan lalu lintas.
Suatu hari dalam perjamuan makan malam Raja Ferdinand dan Ratu Isabella, semua orang yang hadir dalam perjamuan tersebut mencibir perjalanan Columbus untuk menemukan dunia baru sebagai hal yang sebenarnya sangat mudah. Tinggal berlayar terus ke barat, lalu ketemu dengan benua Amerika. “Apa sulitnya?”. Christopher Columbus tersenyum lalu diambilnya sebutir telur rebus dari piringnya dan berkata “Tuan-tuan!”, “Siapa di antara kalian yang mampu mendirikan telur ini dengan tegak?” Kemudian seorang tua berkata, “Itu adalah hal yang mustahil !”. Semua mengangguk mengiyakan. “Saya bisa” ,Kata Columbus. Lalu ia memukulkan salah satu ujung telurnya sampai remuk dan mendirikannya. “Oh, kalau begitu, kami juga bisa!” ,kata seseorang yang lain. “Ya.. ya.. ya..” ,seru yang lain. Dan senyum Columbus makin lebar. “Itulah bedanya aku dan kalian tuan-tuan! Aku memang hanya melakukan hal-hal yang mudah dalam kehidupan ini. Tetapi aku melakukannya di saat semua orang mengatakan bahwa hal mudah itu mustahil!”. Kisah ini memberikan kita pelajaran bahwa sebagai manusia kita jangan mudah meremehkan segala sesuatu. Terkadang banyak orang menganggap itu mudah, namun kenyataannya bahwa hal mudah itu akan menjadi hal yang besar ketika kita memanfaatkannya. Jangan pernah anggap hal-hal yang mudah dan sepele sebagai hal yang kecil. Karena banyak karya besar dimulai dari ide yang sepele. Untuk itu apapun yang ada di tangan dan di hadapan kita, janganlah malu atau takut untuk memulai, mari kerjakan, walaupun orang lain menganggap hal itu sebuah lelucon.

Advertisements

One thought on “Takut Untuk Memulai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s