Bunga Kertas yang tetap indah


Suatu kali dalam perjalanan pulang ke rumah mertua di Kupang, di sepanjang jalan dari Bandara menuju kota kupang, hanya tampak rumput kering kekuningan, dan cenderung kecoklatan. Pemandangan yang biasa terjadi di pulau Timor di musim panas yang kering. Kemana pun pandangan yang kita lemparkan yang terlihat hanya hamparan kecoklatan rumput-rumput yang kering dan mati dan tidak menarik. Tetapi sementara saya terus berjalan saya melihat bunga-bunga yang indah yaitu bunga kertas yang berwarna-warna dan cemerlang di sepanjang jalan kota. Bunga-bunga itu menghiasi di tengah rumput-rumput yang kering. Cuaca panas dan kering membuat pohon bunga kertas menghasilkan bunga yang terbaik. Saya segera berpikir itulah cara hidup yang seharusnya. Kita mungkin banyak punya masalah dan mungkin orang-orang disekitar kita juga memiliki masalah yang sama. Tetapi kita tidak seperti mereka dimana kering dan mati. Kita harus terus mengembang indah. Mungkin kita berada di keluarga yang kering, mungkin berada di komunitas yang kering, mungkin juga di perusahaan yang kering dan nyaris mati. Kita hidup di tengah orang-orang yang suka mengeluh, bergosip dan menyalahkan keadaan atau orang lain. Kita mungkin tidak dapat mengubah mereka tetapi kita dapat ”mengembang” tepat di tengah-tengah mereka. Tersenyumlah dan miliki sikap yang senantiasa bersyukur, jangan pernah biarkan keadaan atau situasi menyeret kita, sebaliknya jadilah indah dan memberikan keindahan kepada setiap orang dan buatlah mereka menginginkan apa yang kita lakukan.
Kembangkan senantiasa senyuman, karena senyuman adalah bahasa tubuh yang mudah dibaca orang. Bahasa tubuh ini akan mengatakan kepada semua orang bahwa hidup adalah anugerah yang indah dan nikmatilah kehidupan ini.
“Tersenyum pada sesama, tersenyumlah pada istrimu, suamimu, anak-anakmu dan pada orang lain, tidak peduli siapa mereka itu dan itu akan membantu kita untuk bertumbuh dalam kasih yang lebih besar”
-Mother Teresa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s