Pertolongan Dua Kali (kisah Dr Alexander Flemming)


Tahun 1943, saat terjadi perundingan dalam perang sekutu melawan Jerman, Winston Churchill terserang sakit parah. Setelah mengerahkan berbagai upaya dan para ahli, Churchill akhirnya terselamatkan oleh suntikan anti biotik yang ditemukan oleh seorang dokter. Dokter yang menyelamatkan itu adalah Alexander Fleming, sang penemu penisilin.

Churchill dan Fleming sama-sama mengklaim, telah berhutang budi satu dengan yang lain.

KEBAJIKAN AKAN MELAHIRKAN KEBAJIKAN PULA.

Ceritanya bermula ketika suatu hari ayah Alexander, pak tua Fleming menolong seseorang anak kecil kota yang nyaris tewas tenggelam di rawa hisap di dekat rumah ia tinggal. Lalu korban rawa hisap yang terselamatkan itu merasa berhutang nyawa dan memberikan sejumlah uang dan harta sebagai ungkapan terima kasihnya. Namun karena Pak Tua Fleming merupakan seorang yang tinggi budi, walaupun ia hidup sederhana di desa, ia menolak harta pemberian itu karena merasa menolong nyawa manusia adalah sebuah kewajibanya, dan tidak untuk berharap balas jasa.

Karena kemuliaan hati Fleming inilah, akhirnya penjaga taman dengan kasta terendah itu akhirnya menjadi sahabat terpercaya keluarga bangsawan kaya yang pernah ditolongnya itu. Dan tak bisa menolak lagi, ketika bangsawan yang juga berbudi luhur ini memaksa untuk menyekolahkan anak laki-laki Fleming yang kebetulan sebaya dengan anaknya.

Lord Randolph Churchill sang korban rawa hisap tersebut, tak pernah menduga, bahwa anak yang disekolahkannya itu kelak ternyata juga menyelamatkan nyawa anaknya, yang kini dikenang sejarah sebagai perdana mentri yang juga penulis yang sukses dengan ungkapan terkenalnya “The price of greatness is responsibility”, yaitu Perdana Mentri Inggris Sir Winston Churchill.

Memetik hikmah dari kisah Fleming dan Churchill, maka tak kuasalah kita membantah, bahwa:

Pertolongan dua kali yang dilakukan oleh keluarga Flemming yang sederhana kepada keluarga Churchill yang kaya menyadarkan kita….kita membutuhkan orang lain, terlepas siapa pun mereka.

Apa yang kita tabur akan kita tuai….jika kita menabur kebaikan maka akan menuai kemuliaan,,,,,salam second mile dan nantikan buku as a great finghter ..april mendatang !!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s