Pelari Polio yang melegenda……..Wilma G Rudolf.



Wllma Glodean Rudolf lahir dalam keluarga yang sangat miskin pada tanga; 23 Juni 1940 di sebuah kota kecil Clarksville Tennessee AS, Orang tua nya Ed dan Blance Rudolf memiliki 22 orang anak dan ia adalah anak yang ke 20, ayahnya hanya seorag pengangkit barangdi stasiun kereta api. Ibunya hanyalah seorang ibu rumah tangga. Ketika Wilma lahir beratnya hanya 2 kg, dan saat usia 4 tahun ia menderita penyakit paru-paru yang parah dan demam scarlet, serta penyakit cacar air dan campak. Tampaknya kehidupan penuh dengan keprihatinan dan penderitaan. Ia juga menderita penyakit polio yang membuatnya tidak berjalan. Banyak orang mengira Wilma akan meninggal dunia.
Akan tetapi ibunya selalu bertekat untuk mengobatinya, sampai ia dapat berjalan kembali. Walaupun dokter mengatakan bahwa Wilma akan lumpuh tetapi keyakinan ibunya tidak tergoyahkan. Dengan menaiki bis ibu Wilma membawanya ke rumah sakit dan ia lakukan selama 2 tahun. Tetapi karena uang mereka habis, cara yang dilakuka adalah menyuruh semua saudara-saudara memijat kaki Wilma setiap hari.
Ketika berusia 8 tahun Wilma mulai dapat berjalan dengan penyangga kaki dan ini mematahkan semua pendapat dokter. Berkat tekad dan usaha Ibunya ia mulai dapat berlari kecil, dan ketika mulai dapat berlari ia mulai berlari kesana kemari. Bahkan Wilma kecil bercita-cita menjadi seorang pelari. Bahkan ia ingin menjadi pelari wanita tercepat di dunia.
Ia selalu mengikuti kejuaran lari untuk mewujudkan impiannya, tetapi sayangnya ia selalu saja menjadi nomor yang terakhir . Tidak ada orang yang mempercayainya bahwa suatu kali ia akan menjadi juara dunia. Banyak orang berkata “menjadi pelari adalah impian yang tak mungkin”
Oleh karena tekadnya ia tidak pernah mengenai lelah dan putus asa untuk berlatih dan mengikuti kejuaraan lari, Pada tahun 1956 (usia 16 tahun) Wilma berhasil masuk kualifikasi untuk pertandingan olimpiade di Melbourne Australia. Tidak disangka bahwa gadis yang dulu lumpuh dan menderita banyak penyakit ini mendapatkan medali perunggu.
Pada tahun 1960 saat Wilma berusia 20 tahun ia mengikuti pertadingan Olimpiade di Roma , ketika itu udara sangat panas hingga mencapai 40 derajat. Walaupun demikian semangat Wilma tidak surut, Dihadapan 80.000 penonton ia bertanding melawa Jutta Heine atlet Jerman yang merupakan pelari tercepat saat itu. Tidak ada pelari yang dapat mengalahkan Jutta dan tidak ada yang berpikir bahwa Wilma akan memenangkan perlombaan ini. Tetapi kemudian sejarah mencatatm bahwa Wilma lah yang menjadi pemenang dalam perlombaan ini. Bahkan Wilma berhari menggondol medali emas dalam 2 perlombaan yaitu lari 100 m dan lari 200 m.
Bahkan dalam perlombaan lari estafet yang dramatis, dimana sebenarnya Wilma sudah tertinggal dengan team Jerman (Jutta) , tetapi kembali terjadi sesuatu yang luar biasa dan di luar dugaan, tongkat Estafet yang dipegang Jutta terlepas, dalam keadaan seperti ini kembali Wilma mengambil kesempatan dan menjadi orang pertama yang masuk ke garis finish. Se
Setelah pension pada usia 22 tahun ia mendapatkan beasiswa untuk belajar di universitas Tennesse State University dan akhirnya ia mengajar di Cobb Elementary School , selain itu ia menjadi pembicara motivator ulung dan komentator di televise nasional. Banyak pernghargaan yang ia miliki bahkan dari presiden Jhon F Kennedy…bahkan hari lahirnya 23 Juni diperingati sebagai hari Wilma Rudolf di Tennesse . pada tahun 2004, United State Portal membuat seri prangko 23 cent dengan gambar Wilma.
Pelari polio ini telah dikenal banyak orang dibelahan bumi manapun ….bagi kita yang sekarang merasa “polio” secara rohani dan jiwani….ini saatnya untuk bangkit,
Ingatlah sebuah perkataan bijak yang berkata, “Seseorang boleh saja mengatakan kita cacat, tetapi yang memutuskan kita cacat atau tidak bukanlah apa yang dikatakan orang melainkan apa yang kita yakini.” Salam second mile dan dapatkan buku kedua “Be Great Fighter”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s