Sinopsis Buku SECOND Mile – sikap hidup di atas rata-rata.


second mile  kaver “Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil”
Nasehat bijak dari seorang Guru Agung yang pernah hidup 2000 tahun lalu, membuka sebuah tabir rahasia tentang kehidupan diatas rata-rata. Kata dua mil (Second Mile) menjadi inspirasi bagi setiap kita akan makna kehidupan Kata Dua Mil merupakan 2 kata ajaib yang akan menyingkapkan rahasia kekayaan yang terpendam (treasure) dan menjalani keindahan dan kebermaknaan hidup.

Sebuah kenyataan bahwa kehidupan kita dipenuhi hari-hari yang sulit dan tidak mudah untuk kita jalani. Hidup kita dipenuhi dengan tuntutan, tugas dan tanggung jawab yang menekan. Tekanan itu, kita hadapi hampir dalam semua aspek kehidupan manusia Tekanan-tekanan atau paksaan-paksaan itu berupa target atau pencapaian yang ingin dicapai. Tekanan-tekanan ini menciptakan dunia yang dipenuhi ketakutan, trauma, depresi, keputusasaan, kegelisahan, kesepian serta kehilangan harapan. Tekanan atau paksaan ini memang tidak bisa kita hindari, dan telah menjadi bagian dari kehidupan manusia dalam segala aspeknya. Buku ini akan mengajak kita untuk menjadikan tekanan atau paksaan ini sebagai sahabat yang akan mendorong kita naik ke anak tangga kehidupan yang lebih tinggi, dan memperlihatkan siapa diri kita sebenarnya (kehidupan 2 mil).

Celakanya tekanan ini juga membuat kita kehilangan makna kehidupan serta menggeserkan dari tujuan kehidupan yang sebenarnya, yang akhirnya membuat kita justru tertekan, stres dan tidak menikmati hidup Buku ini mencoba untuk membantu untuk mengubah semua tekanan atau paksaan tersebut menjadi kebaikan dan keindahan. Buku ini ingin memberikan semacam percikan-percikan api inspirasi bagi kehidupan kita, yang seringkali dihiasi dengan masalah-masalah dan tantangan. Dengan menegur, mendorong dan membakar semangat untuk menghadapi warna-warni kehidupan dengan segala tekanan, tantangan bahkan kegagalan melalui cerita-cerita hikmat penuh inspirasi yang penulis peroleh dari kiriman email, sms, facebook para sahabat dan buku-buku motivasi serta kupasan-kupasan hasil pemikiran penulis.

Sebenarnya buku ini juga adalah merupakan hasil dari kenikmatan penulis dalam membaca banyak buku, yang kemudian disarikan dalam catatan-catatan kecil, kutipan-kutipan, yang tanpa sadar ketika dibaca ulang memiliki benang merah kebenaran. Benang merah kebenaran yang berbicara tentang hidup yang maksimal, bermakna serta bernilai. Buku ini juga berisi warisan-warisan kekayaan pemikiran para manusia sukses dan bijak yang telah ada sebelumnya. Dan sebagai penulis, buku ini berusaha untuk memelihara, membersihkan, dan memoles kekayaan warisan atau pikiran-pikiran tersebut supaya tetap tidak berdebu dan tetap ada dan hidup serta berharga di museum hati setiap orang di generasi ini dan generasi mendatang.

Buku ini dibuat ringan dengan cerita-cerita kecil dan kutipan-kutipan perkataan bijak dari pribadi-pribadi sukses, supaya enak dibaca oleh semua kalangan. Cerita-cerita kecil penuh inspirasi yang saya peroleh dari email para sahabat dan buku-buku yang pernah saya baca. Dengan harapan setiap orang di negeri ini akan dirangsang untuk memiliki kegemaran yang sama dan kemudian akan mewarnai bangsa ini dengan pikiran dan tindakan yang positif. Bacalah buku ini berkali-kali, buatlah garis bawah atau catatan setiap gagasan yang timbul, dan lakukan pengulangan pada setiap kata atau kalimat yang digaris bawahi tersebut, serta lakukan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Bawalah buku ini sebagai sahabat kemanapun teman-teman pergi, jadilah ia teman dikala sendiri, dikala menunggu, di dalam perjalanan dengan pesawat/bis/kereta api, bahkan mungkin dikala masa-masa sulit. Buku ini akan membuat kita mengangguk, tersenyum, berbicara sendiri, tertawa kecil, mengeleng-geleng, menggaruk kepala bahkan mungkin membuat kita menyesali diri, serta mengurungkan diri dari sebuah rencana atau tindakan bodoh.
Dalam buku ini saya akan banyak memberikan penekanan pada bagaimana kita semua dapat melakukan perjalanan dengan melampaui mil pertama atau mil rata-rata atau mil paksaan/tuntutan/tekanan kita dan berada pada mil kedua (2nd Mile) atau mil di atas rata-rata (extra mile), dengan tetap dapat menikmati perjalanan hidup ini. Bagaimana kita dapat mengatasi keterpaksaan/tekanan/tuntutan selama perjalanan tersebut dengan keindahan dan cinta kasih, bagaimana kita dapat melakukan dan memahami kehidupan diatas rata-rata (2ndMile), bagaimana kita dapat menyikapi setiap kekecewaan, ketakutan dan kegagalan, bagaimana kita untuk tidak mudah menyerah bahkan mengalah dalam kehidupan yang keras ini. Dan bagaimana kita dapat melakukan sesuatu lebih dari yang diharapkan (extra mile).
Buku ini juga akan menambahkan bahan bakar (fuel) sebagai energi dalam kehidupan kita. Dengan demikian kita menjadi orang-orang yang tidak dapat dihentikan (unstoppable) oleh tantangan atau rintangan apapun. Buku ini juga akan membawa kita lebih menyayangi orang-orang yang ada disekitar kita khususnya orang-orang terdekat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s