Tetap Fleksible – Ray Kroc


Pada tahun 1961 Ray kroc berhasil membeli McDonald’s Corporation seharga $ 2,7 juta dari Mcdonal bersaudara. Untuk meningkatkan profit ia mendirikan franchise reality corporation yang bertugas untuk membeli tanah dan menjualnya ke franchise Mc Donald dengan system kredit. Akhir tahun 1961 Ray kroc mulai merekruit franchise-nya secara besar besaran. Strateginya berhasil dan profitnya terus meningkat. Besarnya profit yang diperoleh mengakibatkan naikknya saham Mcdonald di pasar financial. Modal yang di dapat dari pasar financial kemudian digunakannya untuk menciptakan kampanye iklan yang berfokus memperkenalkan mascot perusahaan. Walaupun perusahaan sudah mulai terkenal diluar negeri, Ray Kroc masih kurang puas dan berniat mengembangkan ke pasar dunia yang lebih luas dan kemudian membuka cabang di 65 negara. Di pasar luar negeri McDonald menyesuaikan dirinya dengan budaya setempat. Misalnya agar nama restoran mudah diucapkan oleh konsumen Jepang, nama McDonal diubah menjadi Makudonaldo. Di India dan timur jauh, daging babi tidak masuk ke dalam menu. Ray Kroc meninggal pada usia 81 tahun, hanya sepuluh bulan sebelum McDonald menjual hamburger-nya ke 50 miliarnya.
Saat bisnisnya makin berkembang, Ray Kroc membuka diri dan melakukan penyesuaian terhadap kebudayaan setempat. Ia tidak kaku atau hanya mempertahankan pendiriannya saja. Seandainya saja ia dapat bersikap flesibel dalam membangun usahanya maka mungkin saja bisnisnya tidak akan mengembang seperti saat ini.
Belajarnya dari Ray Kroc..dimana ia mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan, tetapi tetap menjaga kualitas atau mutu dan pelayanan yang excellent dimanapun kita berada.
Salam Great Fighter

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s